7 Mei 2014

Cara Mematikan Fitur Auto Update Pada Windows 7


Mematikan Fitur Auto Update,.................. hal ini merupakan fitur yang tertanam pada sistem operasi windows 7 yang memungkinkan komputer melakukan update terus-menerus secara otomatis ketika komputer terkoneksi ke internet. Meskipun terkesan bermanfaat karena tak perlu melakukan cek manual update, namun fitur ini banyak dikeluhkan oleh pengguna windows 7, Disamping karena file update biasanya berukuran besar dan berpotensi akan menghabiskan kuota internet, Fitur Auto Updates juga memberikan beberapa efek negatif seperti berikut ini ;
  1. Kapasitas RAM, HDD semakin lama semakin berkurang
  2. Performance (kinerja) PC menjadi lambat atau WOLES.
  3. Prosesing Shutdown menjadi lebih lama karena komputer akan secara otomatis menginstal file update yang telah didownload. Biasanya memakan waktu hampir setengah jam atau satu jam.
  4. Jika proses instalasi dihentikan secara paksa maka berpotensi merusak hardware seperti Mainboard.
Inilah beberapa resiko yang akan dialami jika fitur auto updates pada windows 7 diaktifkan. Lantas bagaimana cara mematikan fitur auto updates ? berikut ini Plasagadget berikan cara mematikannya
  1.  Untuk mematikan fitur ini buka menu start – All programswindows update, maka akan ada pilihan pengaturan mengenai update windows. Menu ini juga bisa diakses melalui control panel – Security and setting
  2. Setelah menemukan jendela yang terdapat pengaturan windows update, pilih Change setting pada menu sebelah kiri
  3. Ada empat pilihan pengaturan terhadap windows update. sebelum memilih dan mengaktifkan salah satu, antara lain:
  • Install update automatically (recommended). Jika pilihan ini diaktifkan (secara deafult windows, opsi ini yang aktif) maka Windows akan secara otomatis  mendownload serta menginstall file update. kaena tujuan kita mengindari fitur auto updates maka opsi ini jangan diaktifkan.
  •  Download update but let me choose whether to install them. Pilihan ini memungkinkan komputer kita tetap mendownload file pdate namun tidak secara otomatis menginstallnya. Anda  bisa kapan saja menginstall updatetan tersebut. Untuk menghindari borosnya kuota internet maka opsi ini juga sebaiknya jangan dipilh.
  • Check for update but let me choose whether to download and install them. Opsi ini memungkinkan komputer melakukan pengecekan ketersediaan update, namun tidak otomatis mendownload dan menginstalnya. Anda akan tetap mendapat notifikasi update yang tersedia, namun bebas memilih apakah ingin menginstallnya atau tidak.
  • Never check for update (not recommended). Pilihan terakhir ini adalah mematikan fungsi updates, baik cek,download maupun install. Jika tujuan kita mematikan fitur auto updates, maka opsi terakhir inilah yang harus kita aktifkan.


Pilih opsi Nomer 4 untuk mematikan Fitur Auto Updates Win 7

Nah………….. inilah adalah cara mematikan Fitur Auto Updates pada windows 7. Tentu saja Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang perlu untuk di updates, maka dapat pilih opsi 2 atau 3.   Setelah memilih pengaturan yang cocok jangan lupa klik OK untuk menyimpan pengaturan tadi.
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar: