18 September 2013

MENGHAPUS DUAL BOOT OS PADA PC & LAPTOP





Pada posting kali ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang saya maksud dengan daftar OS pada boot. Biasanya jika sobat menggunakan dua OS (Operating System), misalnya Windows 7 dan Windows XP, maka pada saat booting sobat akan dihadang atau muncul ada 2 buah pilihan OS (Win7 & Win XP) seperti di atas, kemudian ketika sobat login tinggal pilih salah satu dari Windows.

Cara menghilangkan salah satu OS Win7 dan Win XP karena ada penginstalan salah satu windows yang gagal tanpa melakukan format! Misalnya ingin menghilangkan Windows 7, Caranya adalah dengan menghapus operating system itu dari daftar boot.

Berikut Cara mendelete dual  OS pada PC dan Laptop


Yang akan sobat lakukan sekarang adalah mengedit file boot.ini untuk menghapus salah satu OS, karena Windows menyimpan daftar operating system pada sebuah file yang terletak pada drive C:boot.ini. Berikut Cara Menghapus dual  OS pada PC dan Laptop:

Langkah-Langkahnya sebagai berikut
1.        Buka file boot.ini yang teletak di C:boot.ini
2.       Buka saja melalui Run, Kengetik c:boot.ini
3.       File boot.ini defaultnya akan terbuka di notepad.
4.       Backup file boot.ini dengan membuat sebuah copy dari file tersebut.
5.       Tentukan OS, seperti gambar diatas yang akan dihapus.
6.       Kali ini yang sobat hapus adalah Win XP maka cari tulisan : multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)WINDOWS=”MicrOSoft Win XP” /noexecute=optin /fastdetect /usepmtimer :
7.       Bila tulisan seperti diatas sudah ketemu, hapus saja.
8.       Simpan file boot.ini tersebut.
9.       Restart komputer sobat.
Selamat mencoba, semoga  berhasil…..

Tidak ada komentar: