19 Februari 2013

PROBLEM SOLVING "Certificate Expired" Pada Browsing MOZILLA FIREFOX

Senin, 18 Februari 2013

Saya baru aja pulang dari rumah sodara yang minta buat nyari tau kenapa tiba-tiba account facebooknya tidak bisa diakses ( maklum, beberapa kali saya pernah mengembalikan akun facebook  dia yang memiliki cukup banyak chip zynga poker yang kena hack **Kebetulan aja seh..hehe**) setelah memasukkan User name dan Password ( Browser :  Mozilla Firefox ) yang keluar malah tampilan seperti ini :
Tampilan Error Certificate Pada Mozzilla Firefox

**Sebenarnya dengan mengikuti beberapa langkah yang diminta, kita bisa masuk ke website tujuan kita ( dalam hal ini facebook ), tapi hal tersebut akan terus terulang setiap kali cookies terhapus atau komputer direstart.

Sebelum saya datang, katanya sia sempet berfikir "wah, mungkin browsernya neh yang error..." makanya dia coba buka tuh akun facebook di Google Chrome, eh... yang tampil malah kayak gni...
Tampilan Error Certificate Pada Google Chrome

Akhirnya malam-malam kayak gni dia nyuruh orang deh buat ngetuk pintu rumah n nyuruh saya datang :-p
Mungkin dia udah gk tahan x ya pengen maen poker. Hehe... tau aja saya neh..*)

Yaudah akhirnya saya datang kerumahnya dan langsung introgasi tuh sodara saya, apa yang terjadi dengan komputernya?!
Sebelum sempet dia menjelaskan apa yang terjadi, saya langsung bilang, "Oh... itu masalahnya..?" 
Kenapasaya  langsung bisa tau masalahnya apa sebelum dia menjelaskan? Itu karena saya melihat tampilan error massage seperti gambar diatas dilayar monitornya.

Tanpa basa basi lagi, saya langsung deh ambil tuh mouse dan mengarahkan pada  taskbar sudut sebelah kanan bawah monitor dan mendouble klik tulisan yang menunjukan jam sampai keluar tampilan seperti dibawah.
Date And Time Properties Windows
Pada bagian tahun tertera Tahunnya tersetting pada tahun 1984 dan tidak ada satupun baik itu tanggal hari ataupun jam yang sesuai dengan kondisi sebenarnya pada saat itu. 
Tanpa berlama-lama, saya langsung merubah Tahun, Bulan, Tanggal dan Hari Termasuk Jamnya. ( Sebenarnya hanya dengan merubah tahunnya saja, komputer akan kembali normal dalam mengakses Internet khususnya dalam membuka Facebook atau Yahoo Mail ), tapi gk ada salahnya kan sekalian membetulkan yang lainnya juga supaya tampak indah dan lebih sempurna, hehe... 

Nah, setelah melakukan penyesuaian waktu, dan penanggalan, kemudian klik Apply dan OK.
Setelah itu Refresh browser yang sebelumnya dicoba utuk mengakses Facebook dengan menekan F5 (Reload)... Apa yang terjadi....??? Tidak terjadi apa-apa, hanya tampak halaman facebook yang di Wallnya tampak postingan dari cewek yang foto lumayan cantik, Hehe.... Itu tandanya komputer dia telah kembali normal dan tidak bermasalah lagi dengan Expirenya Sertifikat Facebook / Yahoo Mail.  
Yah, kira-kira seperti itulah pengalaman hari ini, cukup membuatku bisa tersenyum karena dulu juga sayasempet dibuat bingung dengan kejadian seperti itu.

Tidak ada komentar: